Friday, August 16, 2013

Jadwal harian kami

Setelah bulan Ramadhan berlalu dan momen istimewa Idul Fitri dirayakan dengan silaturahmi ke keluarga & kerabat, hari Senin (12 Agustus 2013) kemarin, kami mulai "belajar" lagi. Well, sebenarnya belajar kan berlangsung kapan saja dan di mana saja, tapi bagi keluarga kami, maksudnya kegiatan rutin harian sudah dimulai kembali.

Ya, kami memang baru mulai homeschool secara "resmi" tahun ajaran ini. Jadi, saya masih mencoba-coba berbagai jadwal rutinitas harian yang cocok (alias bisa dijalankan secara riil) bagi keluarga kami. Sebelum Ramadhan, saya sudah berusaha menyusun jadwal harian untuk saya dan untuk Little Bug. Sempat berjalan sesuai rencana selama 1 hari (yes, that's right, satu hari saja). Besok-besoknya, bubar jalan!! Kegiatan selama bulan Ramadhan yang jadwalnya sedikit berbeda membuat jadwal pertama nggak nyaman. Apalagi tiba-tiba Little Bug ingin belajar puasa dan mau ikutan sahur juga--- udah gitu kadang setelah sahur nggak mau tidur lagi. Padahal, mamanya butuh waktu buat ngerjain kerjaan rumah dan me-refresh otak pagi2 (alias baca2 artikel parenting, donlod gratisan, dan liat-liat eFBe wkwkwk) di luar penambahan alokasi waktu untuk ibadah extra selama bulan suci Ramadhan. Yah,jadilah jadwal itu nggak dilihat lagi, udah gitu ditarik lepas sama Baby Bird hahaha...

Alhamdulillah, bulan Ramadhan kemarin bisa lumayan teratur belajar huruf hijaiyah & hafalan Surat Al-Qadr plus baca buku-buku ttg Islam untuk anak-anak. Memang targetnya nggak muluk-muluk, Ramadhan diniatkan sebagai the start of a more religious life for us as a family. InsyaaAllah akan diteruskan dan semoga bisa ditingkatkan dari hari ke hari.

Nah, selesai libur Lebaran, si Hubs mulai kembali ngantor, anak-anak mulai memulihkan diri dari kegiatan yg serba pergi keluar rumah. Jam tidur siang mulai diingatkan kembali. Pekerjaan rumah juga dicicil terusssss (yang sampai sekarang belum selesai-selesai hehehe).

Pe-eR buat si Mama: menyusun jadwal harian yg lebih pas. Jadi mulailah kembali meraba-raba dan mencoba-coba urutan kegiatan yang fleksibel namun cukup memiliki keteraturan. Fleksibel karena Baby Bird yang masih batita (jadi punya kekuatan istimewa untuk membuyarkan semua kegiatan yg terjadwal) dan teratur karena anak-anak  (dan saya) butuh keteraturan. Jadi mengurangi power struggles dengan si kakak Little Bug, memudahkan transisi dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya, memberikan saya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah & planning kegiatan homeschool, mengingatkan saya untuk tetap terfokus pada beberapa kegiatan yg penting (karena saya suka banyak sekali yg ingin dilakukan jadi mudah terdistraksi), dan memberikan kesempatan untuk melakukan berbagai hal yang di luar rencana tanpa terlalu jauh berlari dari tujuan & rencana homeschool secara garis besar.

Ribet yak? Iyak! But insyaaAllah everyday is a learning process dan saya berusaha at least ada beberapa hal mendasar yang urutannya tetap setiap hari. Dan meskipun kegiatan masih belum teratur, rumah masih belum beres semuanya, alhamdulillah at least we're together everyday and we can enjoy a special moment together each day, apakah itu berupa pembuatan prakarya lengkap ataupun hanya sekedar membaca buku bersama di sore hari. Everyday we learn together, meskipun tidak tampak seperti "belajar" :)

No comments:

Post a Comment