Thursday, July 04, 2013

Anak akan berkembang sesuai waktunya masing-masing :)

(ditulis untuk Rabu, 3 Juli 2013)

Hari ini Little Bug ikut Mama ke acara cucurag (makan-makan sebelum puasa) dengan emak-emak ex-playgroup. Ini bagian dari upaya sosialisasi Little Bug dengan anak-anak yang sebaya (dulu se-playgroup tapi belum tentu sama kelasnya). Waktu awal-awal ada acara kumpul2 dengan emak2 + anak-anaknya mulai lebih dari setahun yg lalu, Little Bug termasuk anak yang pendiam, lebih memilih untuk nempel terus sama saya. Memang, dia saya perhatikan termasuk anak yang slow-to-warm-up dan cenderung introvert. Salah satu kekhawatiran saya waktu mempertimbangkan untuk homeschool juga mengenai pertemanan dengan teman yang sebaya dan perihal sosialisasi ini.

Alhamdulillah, di forum grup FB para homeschoolers Indonesia, banyak yg memberikan support dan sharing pengalaman mengenai kekhawatiran saya ini. Dan alhamdulillah juga, seiring dengan bertambahnya usia, keberaniannya Little Bug untuk berteman juga semakin besar. Yes, kids will develop their skills when they are ready, not when we are. Jadi kalau ada yang menurut kita belum berkembang, cukup kasih stimulasi dan semangat, terus... tunggu! Wait.. and wait... and wait... and think positively about our kids. Yah tentunya dengan tetap mengecek dengan pedoman perkembangan anak yang normal yah untuk punya gambaran umum tentang perkembangan anak... tapi jangan lantas kita langsung panik kalau anak kita belum seperti yang seharusnya, karena setiap anak beda-beda. ;)

Setahun berlalu, dan sejak bulan kemarin waktu acara ultah temennya, Little Bug secara mengejutkan sudah lebih berani bermain dan mengobrol dengan anak-anak lain yang sudah jarang ketemu di playgroupnya (karena banyak yg sudah lanjut ke TK).  Dan begitupula dengan acara makan-makan kemarin, walaupun awalnya dia membaca-baca buku yang dia bawa, lama-lama dia sudah asyik main, ketawa-ketawa, dan lari-larian dengan anak-anak yang ikut mamanya.

Alhamdulillah, insyaaAllah bukan berarti homeschooling itu nggak punya temen sebaya dan nggak bisa bersosialisasi dengan baik ya, Nak! Yoku ganbatta, ne!

No comments:

Post a Comment