Tuesday, June 24, 2014

The Humble Hud-huds : Tamu Istimewa di Bulan Ramadhan



In shaa Allah, sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Kami ingin mengajarkan anak-anak bahwa bulan yang istimewa ini adalah kesempatan bagi kita untuk lebih giat lagi dalam berbuat kebaikan dan menebar manfaat, tentunya selain beribadah secara pribadi. Jadi, (latihan) puasa buat Little Bug bukanlah alasan untuk bermalas-malasan atau gogoleran di tempat tidur, apalagi di depan TV... tapi, kami ingin mengajaknya dengan cara yang agak sedikit berbeda dan moga-moga lebih menarik buat dia (dan Baby Bird juga).

Alhamdulillah, teringat oleh posting blog yang diadakan oleh salah satu blog parenting yang saya ikuti, mereka menciptakan ide The Kindness Elves dalam rangka menyambut hari Natal. Nah berhubung ini Ramadhan, cukup ide mereka buat inspirasi dan setelah sedikit baca-baca, akhirnya saya memilih untuk menghadirkan..... 2 ekor burung Hud-hud, dari kisah Nabi Sulaiman a.s. Saya menyebut mereka "The Humble Hud-huds", artinya burung Hud-hud yang bersahaja... karena kalau berbuat & menyebarkan kebaikan, nggak perlu berkoar-koar toh?

Ya, burung Hud-hud bersifat peka terhadap keadaan sekeliling dan cocok untuk mengajak anak-anak melakukan berbagai kebaikan. Cara membuatnya pun mudah & murah, cukup dengan jepitan baju, mata plastik (atau bisa juga digambar dengan spidol), dan potongan kecil kain flanel/perca/helai bulu imitasi--- sesuai dengan persediaan yang ada aja :)  Ujung jepitan baju menjadi “jambul” dari burung Hud-hud, ujung satunya lagi menjadi paruhnya yang nanti bisa dijepitkan ke berbagai macam benda atau ke surat kecil dari mereka, sesuai dengan aktivitas ajakan pada hari itu.



Nah, aktivitasnya terserah kepada keluarga masing-masing, intinya aktivitas yang mengajak kepada berbuat baik bagi orang lain. Bisa dilakukan setiap hari atau sesempatnya/sesuai dengan sikon setiap keluarga. Beberapa ide misalnya mengajak anak-anak untuk membantu dalam pembuatan makanan untuk berbuka puasa keluarga, mengajak berbagi makanan untuk berbuka puasa untuk tetangga/masjid, mengajak mendonasikan beberapa mainan/buku untuk anak yatim, mengajak membuat prakarya untuk diberikan ke eyang/teman,  mengajak bersedekah, dsb. Jadi, orang tuanya kudu kreatif dikit hehehe... ;p

In shaa Allah, saya akan berusaha mem-post kegiatan bersama burung Hud-hud yang kami lakukan.. yang pertama sepertinya akan memulai dari awal, yakni mengajak anak-anak membantu burung Hud-hud membuat sarang mereka (dari stik es krim) dan memberikan nama. Nah bisa juga disisipkan kisah Islam atau ayat Al Qur’an atau hadits yang berkaitan dengan aktivitas hari itu.. dimulai dari kisah burung Hud-hud di pasukan Nabi Sulaiman a.s. :)



Jadi, selamat merencanakan kegiatan Ramadhan...  jangan lupa bisa sekalian download gratis Jurnal Ramadhan untuk anak dari blog ini juga! Ganbarimashou!!!

No comments:

Post a Comment