Thursday, October 17, 2013

Bubble-turned-into-Ice cream dough

Sewaktu merencanakan kegiatan homeschool kami, saya menginginkan untuk sebisa mungkin memasukkan sensory play ke dalam kegiatan anak-anak. Masih dalam rangka mewujudkan keinginan itu, waktu 17an Agustus 2 bulan yg lalu, saya iseng membuat sensory play berupa Bubble Dough, terinspirasi dari blog post Creative Playhouse. Kebetulan di rumah salah buka kemasan sabun cuci piring (padahal di botol masih banyak), jadinya akhirnya nyoba buat dough yang sepertinya menarik teksturnya ini. Karena bertepatan dengan momen 17an, saya iseng membuatnya menjadi 2 warna: pink (maksudnya sih merah, tapi pewarnanya gak cukup gelap) dan putih.

Resepnya ngikutin yang di  Creative Playhouse: 1 cup maizena, ½ cup sabun pencuci piring, dan 2 sdt minyak goreng... yah kurang lebih dasarnya segitu, tapi prosesnya nambah sana-sini sampai akhirnya jadi deh si bubble dough itu!


Anak-anak langsung diungsikan ke halaman depan rumah supaya nggak bikin rumah terlalu kotor, jadi mereka juga lebih bebas bermain. Selain cetakan buat play-doh, saya juga keluarkan cetakan silikon buat kue. Alih-alih teksturnya seperti di blog tadi, eeeh ini teksturnya malah lebih mirip es krim! Jadilah Little Bug buka toko es krim dadakan... dan Baby Bird juga ikut-ikutan megang-megang sambil diawasi ketat oleh Mama (karena dough ini non-edible). Looks yummm... dan sepertinya akan mencoba membuat lagi dengan menggunakan jenis sabun cuci tangan deh, karena masih penasaran ingin mendapatkan tekstur seperti yg ditampilkan blog aslinya. You scream...I scream... we all scream for ice cream!!


No comments:

Post a Comment