Monday, December 22, 2014

Hopsctoch Learning

In homeschooling, you can find ways to combine various learning elements, like what we did with hopscotch and early math skills. Semuanya berawal dari permainan hopscotch atau engklek yg klasik itu. Terakhir kali saya main engklek adalah waktu kelas 6 SD kayaknya, sebelum bel masuk kelas hehehe... waktu itu raasanya seruuu, walaupun pas main dengan anak-anak terus terang saya agak lupa aturan mainnya. Jadi, bikin sendiri deh aturannya, hehehe!

Ide awal adalah bahwa main engklek itu sebenarnya merupakan olah motorik kasar yang seru. Although my kids are oftenly jumping, hopping, and running all over the house, hopsctoch provides an added goal for them: they have to learn to coordinate their hops and feet in order to land where they should land. Strategi, koordinasi kaki mana yg loncat dan mana yang dipakai buat mendarat, plus menyebutkan angka-angka yang tertera di kotak yang diloncati (sembari loncat)--- voila! Alhamdulillah dapat deh ide untuk mengubah isi dari kotak-kotak engklek itu, jadi belajar secara kinestetik.




Awalnya saya pakai angka 1-10, lalu saya modifikasi lagi bentuk dan jumlah kotak-kotaknya jadi 1-12. Lalu pada lain kesempatan saya campur angka dengan bentuk matematika dasar (segitiga, kotak, dkk), terus iseng sayang mulai kasih angka dengan pola penambahan jumlah tertentu (skip counting). Little Bug awalnya nggak ngeh, kenapa saya nulisnya 2,4,6,.. lalu saya ajak berpikir, kira-kira angka-angka tsb selisihnya berapa satu dgn yg lain sebelum/setelahnya (dia memang sudah bisa konsep berhitung tambah/kurang sederhana dari kegiatan bermain lainnya). Setelah dia ngeh kalau masing-masing angka berselisih 2, saya ajak bersama-sama hitung berapa angka yg harus saya tulis di kotak selanjutnya dan juga kasih dia kesempatan buat nulis sendiri di kotaknya. Baru deh dia menguatkan pemahamannya saat loncat-loncat sambil nyebut angka-angkanya (lama-lama makin hafal deh!)



 Permainan ini bisa disesuaikan dengan konsep yang sedang dipelajari atau yg ingin dikuatkan: angka, huruf, bentuk, vocab, dsb. Seru karena anak belajar sembari bergerak dan bermain, plus semakin seru lagi kalau kita juga ikutan (seperti iklan susu berkalsium tinggi itu tuh, supaya tetep awet muda dan bebas encok hahaha)! The only limit to your hopscotch game is how much chalk you have and the area of your driveway/road you are using :D Happy playing!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.