Sunday, June 29, 2014

Ramadhan day 1: The arrival of The Humble Hud-huds



29 Juni 2014

Bismillah...

Alhamdulillah hari ini sudah tiba bulan suci Ramadhan! Seperti yang telah saya tulis di sini, kami tahun ini berencana mengajak anak-anak untuk melakukan lebih banyak kebaikan (good deeds) melalui ajakan duo burung Hud-hud yang lucu. Deg-degan juga sih karena nggak bisa ditebak tanggapan Little Bug akan bagaimana, tapi alhamdulillah, bisa dikatakan berhasil!


Hari ini Little Bug memang berencana ikut sahur dan latihan puasa, jadi saya siapkan Humble Hud-huds pada sebuah nampan di ruang seni kami. Setelah sholat subuh, si Hubs tidur lagi, Baby Bird juga masih tidur, jadi kesempatan yang tepat nih! Aktivitas dengan burung Hud-hud ini bisa menjadi special bonding time antara saya dengan Little Bug di pagi hari saat Baby Bird masih tertidur (walaupun nantinya ada aktivitas yang bisa juga dilakukan barengan, ini hanya “nilai plus” aja hehehe). Dengan bersemangat, saya bilang ke Little Bug kalau “kita kedatangan tamu istimewa nih! Lihat yuk siapa!” Trigger kalimat itu alhamdulillah cukup menarik perhatian Little Bug dan dia langsung ke ruang seni untuk melihat “siapa” yang “datang”...


 Saya sudah menyiapkan Humble Hud-huds beserta surat pendek yang dijepit dengan paruh mereka. Selain itu, saya siapkan stik es krim sebagai sarana aktivitas pagi ini—membantu mereka membuat sarang! Jadi selain mengajak Little Bug untuk memberikan nama panggilan buat mereka dan membantu mereka membuat sarang, dia juga diajak untuk membuat sesuatu untuk teman Hud-hud yang barusan pindahan juga. *Kebetulan ada teman keluarga kami yang baru pindah ke rumah baru, jadi sekalian dijadikan “target” perbuatan baik hari ini, hehehe*

Duo burung Hud-hud diberikan nama: “Happy” dan “Hipa”... lucu kan? :)  Lalu kami mulai proses membuat sarangnya, yang butuh sedikit brainstorming terlebih dahulu sebelum mulai menempel-nempelnya, seperti: mau berbentuk seperti apa, ukurannya sebesar apa, tingginya nanti seberapa, cara menyusun/membuatnya seperti apa, dsb. Lalu sesudah ketemu bentuk dan cara menyusunnya, saya dan Little Bug bekerja sama membuat sarang tersebut dengan menggunakan paruh dari si Happy dan si Hipa, jadinya seperti permainan ketangkasan deh, hehehe! Setelah sarang burungnya selesai, Little Bug melanjutkan kreasinya dengan berinisiatif memberikan telur-telur untuk setiap burung Hud-hud. Lalu kami juga membuat sesuatu untuk anak teman kami yang baru saja pindah ke rumah baru juga agar dia bisa merasa cepat betah & nyaman di rumah barunya.



Proses pembuatan sarang bisa digunakan untuk mengajarkan:

  •  Konsep matematika sederhana: bentuk segi tiga, segi empat, segi lima, dan segi enam. Menghubungkan ukuran burung dengan bentuk, ukuran, dan tinggi sarang yang diperlukan supaya kedua burung muat dalam 1 sarang. Sempat juga muncul opsi untuk membuat 2 sarang, masing2 burung mendapat 1 sarang, tapi nggak jadi. Setiap burung juga ingin diberikan telur, jadi melatih konsep hitung sederhana dan penambahan/pengurangan sederhana.

  • Kemampuan motorik halus: menggunakan “paruh” burung untuk menjepit batang-batang es krim. Menggulung bentuk bulat dari kertas Kokoru.

  • Koordinasi mata-tangan: menempelkan stik es krim & kertas gulungan Kokoru.

  • Sosioemosional: kerjasama membuat sarang, belajar bergiliran ketika menempel stik es krim dan mengoleskan lem pada stik es krim; belajar empati dengan membayangkan perasaan para burung (dan juga anak teman keluarga kami) yang baru saja pindah ke rumah baru.


Alhamdulillah, Little Bug dengan semangat membangunkan si Hubs dan asyik cerita tenang Happy dan Hipa, lalu berulang kali bilang kalau dia nggak sabar lihat besok pagi akan ada surat apa dari mereka, hehehe... :)

Oh ya, ada juga doa yang berhubungan dengan soal “rumah” ini yang bisa diajarkan ke anak-anak, QS Nuh 71: ayat 28,

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu-bapakku, dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang beriman laki-laki dan perempuan...”

Semoga bisa menginspirasi ya! So happy that it’s Ramadhan! In shaa Allah sampai jumpa di posting selanjutnya... kira-kira apa yaa isi surat yang akan dibawa oleh Happy & Hipa? Hmmm.... :)

No comments:

Post a Comment