Thursday, July 04, 2013

Kicking off our 1st homeschool year with a spin!

(ditulis untuk tanggal 1 Juli 2013)

Alhamdulillah, sejak membuat keputusan untuk mulai homeschool, kami mendapat banyak kemudahan dari Allah SWT. Well, at least that’s how si Hubs and I view it. Keputusan yang diambil dengan penuh tawakal setelah proses istikhoroh itu alhamdulillah mendapat berbagai jalan dari-Nya.

Salah satu kemudahan yang kami peroleh adalah adanya kesempatan untuk menitip-belikan sebuah produk dari seri Lego Education ke teman kami yang kebetulan liburan ke negara asalnya. Di Jakarta memang ada supplier tunggalnya, tapi biasaaa, karena ongkos + pajak yang mahal, jadinya harganya 2x lipat, hikz! Alhamdulillah Allah memberikan rezeki melalui teman kami ini...

Anyways, setelah datang, Little Bug begitu ada kesempatan langsung membukanya dan sibuk dengan si Hubs bikin ini-itu. Yah, membangun bebas lah ya.. karena sebenarnya ada beberapa kartu panduan + teacher’s guide yang memang ingin saya gunakan untuk memperkenalkan dunia ke-teknik-an kepada Little Bug. Maklum, saya dulu nggak mudeng banget dengan namanya fisika, bahkan yang dasar-dasar banget, hehehe...  ;p

Nah tadi pagi, Little Bug tiba-tiba pingin main gangsing. Dia sedang bermain dengan salah satu parts berbentuk gear dan bilang, “Mama! Lihat ini bisa muter! Kayak gangsing ya!!” Nah, kebetulan salah satu model alat sederhana yang bisa dibuat oleh Duplo set ini adalah sebuah alat pemutar gangsing. Jadi, meskipun sebenarnya saya masih ingin berada dalam “masa liburan sekolah”, yaudah jadinya dimulai sajaaa homeschoolnya, alon alon asal kelakon, dengan apa yang ada saja, sambil jalan diperbaiki sana sini dah 
Jadi, kami memulai kegiatan structured play kami pagi ini dengan membuat gangsing dan alat pemutarnya. Alhamdulillah Little Bug nggak kesulitan untuk mengikuti instruksi dari kartu panduan sehingga nggak butuh waktu lama untuk merakit alat gangsingnya. Setelah itu, saya dan Little Bug mencoba-coba memainkannya.... gampang-gampang susah, bahkan buat saya, hehehe ;p



Lalu, saya ajak Little Bug mengamati cara kerja gear sehingga bisa membuat gangsing berputar. Dan saya ajak dia untuk belajar melakukan beberapa kali percobaan di atas 2 permukaan yang berbeda dan saya bantu mencatat durasi berputarnya gangsing di masing-masing kondisi. Yah, belajar menjadi ilmuwan kecil dengan membuat prediksi,  melakukan berbagai percobaan dan melihat hasilnya, lalu saya pelan-pelan bantu dia berpikir kenapa kira-kira hasilnya bisa seperti itu. Too much for a 4 year old? Hmm, maybe.. but we’re doing this through play dan dia sih tadi seneng-seneng aja melihat gangsingnya berputar dengan hasil yang berbeda-beda. It’s only the start.. insyaaAllah moga-moga nanti semakin terasah cara berpikirnya seiring dengan usianya :)



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.